Kamis, 22 Desember 2011

Materi Pembelajaraan


BAHASA INDONESIA

Bahasa indonesia adalah bahasa yang dipakai kita sehari hari, dan sampai sekarang saya sudah duduk di bangku perguruan tinggi pun bahasa indonesia masih di pelajarkan. Ini adalah pelajaran yang amat sulit bagi saya, walaupun ini adalah bahasa sehari-hari saya, tapi kenapa ya dalam pelajaran ini saya tidak dapat menguasai dengan baik.  Namun saya tidak berputus asa, jika pak dosen menerangkan saya akan mendengarkannya dengan baik dan mencatat yang perlu saya catat, nah di bawah ini salah satu catatan pelajaran bahasa indonesia saya.

·        Dibawah ini adalah kata-kata yang harus dicetak miring :

1.    Nama media massa cetak
2.   Judul buku
3.   Istilah asing / bahasa tidak baku.

·         Jangan mengawali kalimat dengan kata-kata berikut:  tetapi, dan, maka, sehingga. Karena kata-kata tersebut merupakan kata sambung, yang seharusnya ada di tengah.
·        Jangn mengawali kalimat dengan angka
·        Kalimat adalah bagian terkecil dari wancana yang memiliki pikiran lengkap.
·        Kelengkapan pikiran dalam kalimat ditandai dengan adanya subyek dan predikat
·        Subjek adalah bagian kalimat yang diterangkan tindakan atau keadaanya
·        Predikat adalah kalimat yang menerangkan tindakan atau keadaan subyek
·       Objek adalah kalimat yang menjadi sasaran  tindakan subyek 

Contoh membuat daftar pustaka

Daftar Pustaka
Koentjaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi.
Teew, A. 1969. Tergantung pada Kata. Jakarta : Djambatan.
Walija, Drs, dkk. 1994. Teks Pembelajaraan Bahasa Indonesia.         Pustaka Antara.
Walija. 1995. Terampil Berkorespondensi. Pustaka Antara.
                 . 1995. Komposisi Mengolah Gagasan Menjadi Karangan.
                 . 1995. Bahasa Indonesia Komprehensif.
Moeliono, Anton M. 1985. Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.  Jakarta : Djambatan.
     Wellek, Rene & Warren, Austin. Terj. Melani Budianta. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta : PT     Gramedia.
Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian, ed. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.
Bisri, A. Mustafa. ( 1995, September, 8 ). Soal Maaf-memaafkan. Kompas, halaman 4.
Ta
Abidin, Zainal. 1984. Semantik Kalimat. Jakarta : Pustaka Antara.
Chaer, Abdul. 1993. Gramatika Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Ismail, Taufiq. 1995. Tirani dan Benteng. Jakarta : Yayasan Ananda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar